Oleh: vimey | 27 Agustus 2008

Surga Dunia di Ciwidey Bandung

Rencana mengenai kepergian tamasya pasca kerja praktek di PT. Telkom Bandung ini tak pernah terbayangkan sebelumnya. Tapi ide menyenangkan ini di kumandangkan oleh pembimbing kami yang begitu baiknya. Mungkin pada awalnya kami mengira ide untuk mengajak kami jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di Bandung ini adalah candaan belaka. Tapi sepertinya, sang manajer yang ga kalah baiknya juga ini menganggapnya suatu hal yang serius. Akhirnya, sore itu kami malah membicarakan tentang tempat mana saja yang ingin di kunjungi. Pertama sih, pak Hendri alias Manajer dari Data Center itu mengajak ke gunung tangkuban perahu. Tapi kan aku udah pernah kesana bareng ma temen-temen aku di kost bandung. Jadi pak manajernya membatalkan rencana ke tangkuban perahu (takut merusak kenangan indahku, kata beliau). Jadi kita cari ide yang lain. Boscha, Pengalengan, dan Kawah Putih menjadi alternative saat itu. Hingga pada akhirnya keputusan akhir mengarah ke tempat wisata Pengelengan Bandung. Aku mah setuju-setuju aja. Walupun sebenarnya hati kecilku sebenernya pingin banget ke Kawah Putih yang koknon katanya jadi tempat syutingnya film Heart yang indah itu.

Tamasya bareng ini sebenernya buat aku, anita, ilman n iwal (anak STT Telkom Bandung), Pak Irfan (pembimbing kami yang lucu n baik hati, Asistem manajer bag. backup management), pak Nazar (mantan pembimbing yang sempet cuti lama, asisten manajer bag. Admin), pak Udin (yang ikut bantu kelancaran kerja praktek kami, asisten manajer bag. Support facility), pak Deni (orangnya agak cuek sih, tapi baik kok, asisten manajer bag. DBA), dan terakhir pak Ajid (orang yang selalu perang mulut ma partner KaPeq Anita, Staff DBA), dan tentu aja ma pak manajernya sendiri, pak Hendri.

Rabu, 30 July 2008

Kita pilih hari ini buat tamasya cz satu-satunya hari libur di bulan juli, yang tanpa harus memperpanjang jatah kostku. Pagi jam 8 adalah rencana kita kumpul di kantor buat berangkat bareng. Duh, akhirnya hari ini datang juga. Pak Udin ga bisa ikut cz ada seminar di Bandung, pak Nazar n pak Ajid juga ga bisa ikut cz ada acara di Jakarta. Pak Deni juga ga bisa ikut cz sakit. Lha kok semuanya pada ga bisa ikut se?!?! pak Irfan, sang pembimbing ternyata juga ga isa ikut cz ada acara keluarga. Nah, jangan sampe tu anak STT pada ga bisa ikut juga. Pagi-pagi aku coba telp si Ilman. Ternyata dia juga ga bisa ikut cz ada acara rapat ospek di kampusnya, si Iwal juga ternyata. Dah aku paksa bau ikut, tapi mereka tetp bandel ga bisa ikut. Yah apa boleh buat…. Alhasil setelah diitung-itung ternyata yang bisa ikut hanyalah 3 MANUSIA!!! Aku, anita, ma pak Hendri. Duh agak ga enak juga se. jadi kayak perjalanan Bapak dan kedua anaknya gini. Tapi aku ma Anita yang awalnya sempaet ngrasa kecewa. Akhirnya kita berusaha membangkitkan semangat dan berusaha enjoy buat menikmati keadaan yang ada. Dengan mengendarai mobil milik sang manajer, kami pun mulai menelusuri jalanan di Bandung Selatan. Dan ternyata tujuan kami bukanlah PENGALENGAN, tapi berubah menjadi ke daerah CIIWIDEY. Wah tentu aja hati ku bersorak gembira. Ciwidey kan tempatnya kawah putih, batinku saat itu.

Ternyata perjalanan cukuplah jauh. Sebelum sampai ke tempat tujuan, pak hendri meminta kami untuk membeli jajanan sebagai bekal disana nanti. Akhirnya kamipun berhenti di mini market. Tiba-tiba aj apak hendri meberikan uang buat kami untuk belanja. Wah seneg banget…akhirnya kami mengambil berbagai jajanan yang lumayan banyak. Sisa uang nya kami kembalikan ke bapaknya. Pemandangan selama menuju ke daerah ciwidey tak kalan serunya dengan perjalanan saat ke tangkuban perahu. Hawa dinginpun juga sudah mulai menyerbak. Pemandangan kanan kiri saat itu yang ada hanyalah perkebunan teh. Indah banget dah pokoknya. Rasanya perkebunan the yang begitu luasnya itu, seperti hamparan karpet hijau yang begitu sejuk dipandang mata. Akhirnya, pak hendri pun menyampaikan idenya agar aku dan anita bisa mengabadikan saat-saat di kebun teh itu. Kami sempat berhenti sejenan di pinggir jalan untuk berfoto di antara tanam-tanaman teh.

Kami pun segera melanjutkan perjalanan. Banyak tempat wisata yang ditawarkan sepanjang perjalanan ciwidey itu. Ada bumi perkemahan, ada pemandian air panas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan tiba-tiba saja kami mulai memasuki tempat wisata pertama, yup…SITU PATENGGANG. Situ dalam bahasa Sunda yang berarti Telaga. Tak kalah bagusnya. Biaya masuknya di traktir ma pak hendri untuk ke sekian kalinya sepanjang perjalana kami hari ini. Makasih banyak ya pak hendri. Di tempat ini, banyak dipakai sebagai tempat tamasya para karyawan suatu instansi. Ada yang rapat kampus oleh beberapa mahasiwa juga. Memang tempat ini menewarkan suasana yang begitu nyaman, sejuk, dan memang indah. Di sini kita juga bisa naik perahu menuju ke suatu pulau kecil di tengah telaga itu.

ini nih yang namanya pak Hendri, sang manajer Data Center tempat aku n anita kerja praktek.

Setelah cukup puas dengan SITU PATENGGANG, kami pun segera berpamitan dengan suasanan yang mungkin akan ku rindukan suatu hari nanti. Dari situ patenggang kami pergi ke tempat yang lain yang masih ada di kawasan Ciwidey dimana kita harus melalui jalanan naik turun yang penuh dengan lika-liku yang cukup terjal. Yah, akhirnya sampai juga di tempat wisata impianku, KAWAH PUTIH.

Sama seperti tangkuban perahu, jarak antara pintu masuk ke tempat utama ternyata sangatlah jauh. Tapi kita masih disuguhi dengan pemandangan yang emang indah banget tiap putaran roda mobilnya. Jadi kami tak pernah merasa bosan, yang aada, kami malah dibikin terkagum-kagum. Setelah sempat kebingungan dengan tempat parkir mobil yang cukup penuh hari itu (maklum hari libur nasional), kami pun segera berjalan menuju ke kawah putihnya. Saat sampai pertama kali, kepalaku tak sengaja menghadap ke arah kawah putihnya. Langsung secara spontan aku membalik arah pandangku. Rasdanya aku masih syok dengan keindahan kawah putinya. Aku ngrasa ga tega ngliat pemandangan yang begitu amat mengagumkan. Setelah menaiki beberapa anak tangga, sampailah kami di kawah putih…

Kawah putih ini rasanya beda banget dengan apa yang ada dalam bayanganku sebelumnya. Aku kir kawah putih ya cumin ada pasir warna putih, dengan kabut-kabutnya yang menambah suasanan semakin sejuk. Tapi ternyata beda. Yang ada, aku malah menemui surga dunia. Seperti danau dengan air yang berwarna hijau kebiruan, ditambah dengan aroma belerang di sekitarnya. Kawah berwarn ahijau itu dikelilingi dengan tebing bebatuan yang begitu tinggi. Di smaping kanan, ada goa yang seperti baru saja ditemukan beberapa tahun yang lalu. Tapi saat kami berniat untuk memasukinya ternyata goa itu sengaja di tutp, karena cukup berbahaya. Jika kita masuk terlalu lama dalam goa itu, kita akan keracunan oleh gas belerang yang begitu amat menyengat di dalamnya.

Aku dan anita tak mau rugi dengan keindahan kawah putih, kamipun sempat berfoto=foto di sekitar kawah. Lalu kami juga ingin berfoto dengan pak hendri sebagai kenang-kenagan saat kami kembali ke Surabaya nanti. Akhirnya kamipun menyewa photographer untuk mengabadikan kehaduran kami di kawah putih hari itu. Ternyata photo langsung jadi itu ditraktir oleh pak hendri lagi. duh jadi ga enak….

Hingga aku berucap syukur untuk kesekian kalinya…. Aku merasa tak percaya aku diberi kesempatan bisa berkunjung ke surga dunia di kota Bandung ini. Terima kasih pak Hendri untuk semua kenangan yang tak akan pernah terlupakan ini.

Iklan

Responses

  1. Bandung emang seru… Dingin, nggak panas kayak surabaya 😀 oh ya, baru tau ada blog ini 😀 terus nulis ya nafi?

    Regards,

    Parvian

  2. salam kenal aja ya kak. wuih keren juga blognya…..
    tetap jaya…….oKKKKK!!!!!!!!!!!!

  3. buat mas andre…

    makasih udah kasih semangat ke aku buat nulis blog…
    tapi tergantung ma situasi dan kondisi….hehe…^_^

  4. buat accan….

    salam kenal juga dari aku….
    makasih udah kunjungi blog aku n bersedia meluangkan waktu untuk kasih komentar…

    thanx buat semangatnya ya….

    sukses juga buat kamu…!!!

  5. sumpah indah banget, jadi pingin ke sana…
    buat navi…sukses selalu

  6. @rajib…
    makasih bnayak buat doanya…
    iya dunk…emang indah banget…
    beberapa hari yang lalu aja aku jg abis ke sana lagi untuk yng kedua ka;linya…
    denagn suasana berbeda tentunya…
    di saat ujan dan penuh kabut…
    tambah indah aja de pokoknya…

  7. wah navie kamu t0
    ky adik chepupuku ya
    mirip banget

    wew?
    ini siapa tho?
    kayak adik? baguslah…masih muda dunk 😀

  8. Thanks for sharing the beautiful picts…GBU!…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: